PT Intracopenta Prima Servis Indonesia

SMA meraup peningkatan produktivitas sebesar 30% dengan excavator Volvo EC950

Excavator Volvo EC950E berbobot 95 ton yang baru dan andal membantu PT Samudera Mulia Abadi meningkatkan produktivitas hingga 30 persen di tambang emas Manado.

Sejak memenangkan tender pada tahun 2015 untuk menangani penambangan emas di Toka Tindung di Manado, Sulawesi Utara, kontraktor pertambangan PT Samudera Mulia Abadi (SMA) telah merasakan bahwa peralatan Volvo tidak hanya memberikan tetapi bahkan melampaui produktivitas yang diinginkan.

Tahun lalu, SMA telah memilih Volvo sebagai pemasok eksklusif peralatan konstruksi untuk tambang emas Manado dan berkat hal tersebut produktivitas mereka mengalami peningkatan yang signifikan.

Produktivitas yang luar biasa

Terinspirasi dengan kesuksesan tersebut, tahun ini SMA membawa dua unit pertama excavator EC950E ke Indonesia. Peralatan kelas berat Volvo yang baru ini dalam waktu singkat terbukti menjadi alat berat yang sangat kompetitif dan menghasilkan peningkatan produktivitas yang luar biasa.

“Sejak kami memperkenalkan EC950E, produktivitas armada kami mengalami peningkatan sebesar 25 hingga 30 persen,” ujar Ozgur Zor, Manajer Produksi dan Perencanaan Tambang, di PT Meares Soputan Mining (MSM). “Kami cukup gembira dengan performa EC950E di lokasi kerja.”

Alat berat besar lainnya

MSM adalah bagian dari PT Archi Indonesia, suatu perusahaan tambang yang memiliki 100% saham di Toka Tindung Project. Saat ini, SMA memiliki lebih dari 60 alat berat Volvo yang beroperasi untuk MSM di lokasi kerja Toka Tindung, dan unit EC950E bukan satu-satunya alat berat berukuran besar yang ada di sana. Ada juga enam excavator EC750D berkapasitas 75 ton serta lebih dari 50 articulated hauler besar yang terdiri dari A40F dan A45G.

Mencari peruntungan dari emas

Dengan permukaan tanah yang keras dan medan bergelombang di pertambangan emas di Toka Tindung, alat berat yang dioperasikan di sana harus bekerja dengan sangat keras. Sebagai pemilik konsesi, MSM mengharapkan tingkat produktivitas yang tinggi dan berkelanjutan serta waktu operasional yang maksimal. Untuk itu SMA memilih Gold Customer Support Agreement (CSA) untuk alat berat Volvonya guna menjamin proses perawatan yang baik serta ketersediaan suku cadang.

Dengan kesepakatan servis Gold CSA, teknisi tidak hanya melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan terjadwal dan teratur, tetapi juga selalu siaga dalam menghadirkan dukungan langsung di lokasi kerja pada saat diperlukan. PT Intraco Penta Prima Servis (IPPS), mitra distribusi Volvo CE untuk wilayah Sulawesi, menyediakan dukungan yang dibutuhkan di lokasi setempat.

Prestasi besar

“Hubungan kami dengan IPPS sangat baik. Mereka menangani semua alat berat Volvo kami dengan baik sehingga kami tidak perlu merasa khawatir” imbuh Willson Sastroamijoyo, komisaris di SMA.

Memiliki alat berat yang sangat produktif dan dapat diandalkan serta dukungan purnajual yang baik adalah sebuah rumus kesuksesan, sebagaimana Ozgur Zor berujar:

“Dukungan purnajual Volvo sangat responsif. Jumlah suku cadang yang signifikan di lokasi kerja benar-benar membantu kami dalam mengurangi downtime ” pungkasnya. “Setelah mengganti seluruh armada kami secara eksklusif menjadi Volvo, terdapat peningkatan efisiensi serta penurunan konsumsi bahan bakar dan biaya secara signifikan. Hal tersebut merupakan prestasi besar.”

Pesanan jajaran alat berat berikutnya

Kepuasan Willson Sastroamijoyo dan Ozgur Zor merupakan buah dari investasi jangka panjang yang telah dilakukan oleh IPPS dan Volvo, yaitu sejak kedua perusahaan tersebut mulai membahas kebutuhan peralatan dengan SMA beberapa tahun yang lalu – jauh sebelum unit pertama dipesan. Saat ini, SMA terus merasa terkesan dengan performa dan dukungan yang didapatkan dari alat berat Volvo dan mereka tengah mendiskusikan untuk memesan jajaran alat berat berikutnya untuk lokasi kerja Toka Tindung.

Excavator Volvo EC950 meningkatkan produktivitas sebesar 30%

Excavator Volvo EC950E berbobot 95 ton yang baru dan andal membantu PT Samudera Mulia Abadi meningkatkan produktivitas hingga 30 persen di tambang emas Manado.